PEMASARAN
JASA INFORMASI
Tentang
PENERAPAN
MARKETING MIX
Di susun oleh:
ROSLAINI
110.078
Dosen Pembimbing
RESTY JAYANTI FAHKLINA S. Sos, M. A
JURUSAN ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN (IIP)
FAKULTAS
ADAB
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM
BONJOL PADANG
1434
H/2012 sM
PENDAHULUAN
Bauran pemasaran biasanya berbasis
pada lembaga berbahan profit, namun pemasaran juga diterapkan untuk lembaga
atau instasi yang non profit seperti perpustakaan. Pada perpustakaan yang akan
dilayangkan kepada user adalah jasa yang dapat berupa informasi untuk keperluan
user atau pemustaka.
PENERAPAN
KONSEP MARKETING MIX
Marketing
mix ini merupakan strategi mencapur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari
kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil paling
memuaskan.(bucharialama,2009:201-205)[1].
Penerapannya
pada lembaga perpustakaan adalah:
1.
Produk
Product adalah merupakan titik sentral dari marketing mix. Product
ini berupa barang dan jasa. (bucharialama,2009:205)[2].
Product/produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan
kepada konsumen untuk memperoleh kepuasan.
2.
Harga
Harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan marketing
mix. Harga adalah sejumlah uang yang diserahkan dalam pertukaran untuk
mendapatkan suatu barang atau jasa.
3.
lokasi
dan distribisi
Penetuan lokasi dan distribusi beserta sarana dan prasarana
pendukung.
4.
promosi
Promosi
artinya memperkenalkan; atau kegiatan komunikasi untuk meningkatkan folume
penjualan denga cara pameran, periklanan, dan usaha lain yang bersifat
persuasif.[3]
Contoh pada artikel kali ini ialah
tentang Pemasaran atau promosi jasa pada perpustakaan yang dikelola oleh
pustawan SMA 2 Koto XI Tarusan, yang bertujuan agar user ingin datang dan
memanfaatkan jasa atau layanan pada perpustakaan, perpustakaannya ialah SMA 2
Koto XI Tarusan. perpustakaan ini dibangun atas dana dan program dari pemerintah
indonesia. Perpustakaan ini sangat membantu para siswa dalam mempemudah siswa-siswi
dalam mencari tugas-tugas yang di embankan oleh guru-guru kepada siswa-siswinya
dengan mengkoleksi koleksi-koleksi yang telah di sediakan oleh sekolah sesuai
dengan berbagai jurusan, seperti IPA, dan IPS.
a.
Produk
Menyiapkan
produk dalam keadaan yang baik, yaitu dengan cara keadaan gedung yang bersih
dan bebas dari kebisingan keadaan sekitar, system catalog, mempersiapkan koleksi
dalam keadaan yang up to date dan sesuai dengan kebutuhan pemakai,
mempekerjakan pustakawan yang handal dibidangnya.[4]
b.
Harga
Yaitu
masalah kebijakan harga disini tidak sama dengan pemasaran profit, tapi ialah
jasa yang ada pada perpustakaan, perpustakaan ini menyediakan petugas pustakawan yang
handal, dan koleksi yang sangat up to date, sesuai dengan kebutuhan pemakainya,
buku yang di sediakannya ialah berupa buku-buku fiksi, non fiksi, kurikulum di
sekolah dan buku-buku lainya.
c.
Place
Merupakan
tempat yang didalamnya terdapat distribusi, disini perpustakaan 2 koto XI
tarusan yang lokasi tersebut berada jln. padang painan tepatnya dekat yang jauh
dari kebisingan
d.
Promosi
Promosi
bertujuan agar perpustakaan SMA 2 koto xi trusan diketahui oleh lembaga-lembaga
pemrintahan dan lembaga swasta lainnya bahwa perpustakaan sekolah ini
mengkoleksi berbagai jenis buku yang lengkap sesuai dengan berbagai jurusan
yang ada di sekolah tersebut. Cara mempromosikannya bisa melalui siswa,
guru-guru dan dan lain.dengan informasi bagi orang yang ingin mencari buku ada
di perpustakaan sekolah tersebut.
KESIMPULAN
Dari uraian di atas dapat saya simpulakan bahwa Dari
kegiatan marketing mix tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan
ini bertujuan untuk lembaga-lembaga atau instansi di perpustakaan SMA 2 koto XI
tarusan tersebut agar diketahui oleh pihak-pihak lain untuk dapat di manfaatkan
oleh masyarakat lain terutama bagi masyarakar awam yang sulit mendapatkan
informasi lembaga pemerintahan maupun swasta.
DAFTAR PUSTAKA
bukhari alma. 2009. Manajemen Pemasaran, dan Pemasaran Jasa.
Bandung: Alfabeta
Artikelnya Baguss....
BalasHapusPada dasarnya bauran pemasaran adalah dasar dari perusahaan dalam menentukan strategi lanjtan pemasaran dalam rangka memenangkan pasar. Dengan adanya konsep bauran pemasaran ini perusahaan memiliki arah yang jelas dalam pencapaian target pemasarannya.
Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai aplikasi konsep bauran pemasaran
Klik --> Makalah Aplikasi Bauran Pemasaran Pada Bank BNI
other cheap sex toys,sex chair,dildo,dildo,male masturbator,horse dildo,horse dildo,dildos,wholesale sex toys hop over to these guys
BalasHapus