Minggu, 30 Desember 2012

PENERAPAN MARKETING MIX



PEMASARAN JASA INFORMASI

Tentang
PENERAPAN MARKETING MIX






Di susun oleh:

ROSLAINI
110.078




Dosen Pembimbing

RESTY JAYANTI FAHKLINA S. Sos, M. A




JURUSAN  ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN (IIP)
FAKULTAS ADAB
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG
1434 H/2012 sM





PENDAHULUAN

Bauran pemasaran biasanya berbasis pada lembaga berbahan profit, namun pemasaran juga diterapkan untuk lembaga atau instasi yang non profit seperti perpustakaan. Pada perpustakaan yang akan dilayangkan kepada user adalah jasa yang dapat berupa informasi untuk keperluan user atau pemustaka.







PENERAPAN KONSEP MARKETING MIX

Marketing mix ini merupakan strategi mencapur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil paling memuaskan.(bucharialama,2009:201-205)[1].

Penerapannya pada lembaga perpustakaan adalah:
1.      Produk
Product adalah merupakan titik sentral dari marketing mix. Product ini berupa barang dan jasa. (bucharialama,2009:205)[2].
Product/produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada  konsumen untuk memperoleh kepuasan.
2.      Harga
Harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan marketing mix. Harga adalah sejumlah uang yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang atau jasa.
3.      lokasi dan distribisi
Penetuan lokasi dan distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung.
4.      promosi
Promosi artinya memperkenalkan; atau kegiatan komunikasi untuk meningkatkan folume penjualan denga cara pameran, periklanan, dan usaha lain yang bersifat persuasif.[3]

Contoh pada artikel kali ini ialah tentang Pemasaran atau promosi jasa pada perpustakaan yang dikelola oleh pustawan SMA 2 Koto XI Tarusan, yang bertujuan agar user ingin datang dan memanfaatkan jasa atau layanan pada perpustakaan, perpustakaannya ialah SMA 2 Koto XI Tarusan. perpustakaan ini dibangun atas dana dan program dari pemerintah indonesia. Perpustakaan ini sangat membantu para siswa dalam mempemudah siswa-siswi dalam mencari tugas-tugas yang di embankan oleh guru-guru kepada siswa-siswinya dengan mengkoleksi koleksi-koleksi yang telah di sediakan oleh sekolah sesuai dengan berbagai jurusan, seperti IPA, dan IPS.
a.       Produk
Menyiapkan produk dalam keadaan yang baik, yaitu dengan cara keadaan gedung yang bersih dan bebas dari kebisingan keadaan sekitar, system catalog, mempersiapkan koleksi dalam keadaan yang up to date dan sesuai dengan kebutuhan pemakai, mempekerjakan pustakawan yang handal dibidangnya.[4]

b.      Harga
Yaitu masalah kebijakan harga disini tidak sama dengan pemasaran profit, tapi ialah jasa yang ada pada perpustakaan, perpustakaan  ini menyediakan petugas pustakawan yang handal, dan koleksi yang sangat up to date, sesuai dengan kebutuhan pemakainya, buku yang di sediakannya ialah berupa buku-buku fiksi, non fiksi, kurikulum di sekolah dan buku-buku lainya.

c.       Place
Merupakan tempat yang didalamnya terdapat distribusi, disini perpustakaan 2 koto XI tarusan yang lokasi tersebut berada jln. padang painan tepatnya dekat yang jauh dari kebisingan
d.      Promosi
Promosi bertujuan agar perpustakaan SMA 2 koto xi trusan diketahui oleh lembaga-lembaga pemrintahan dan lembaga swasta lainnya bahwa perpustakaan sekolah ini mengkoleksi berbagai jenis buku yang lengkap sesuai dengan berbagai jurusan yang ada di sekolah tersebut. Cara mempromosikannya bisa melalui siswa, guru-guru dan dan lain.dengan informasi bagi orang yang ingin mencari buku ada di perpustakaan sekolah tersebut.



KESIMPULAN

Dari uraian di atas dapat saya simpulakan bahwa Dari kegiatan marketing mix tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk lembaga-lembaga atau instansi di perpustakaan SMA 2 koto XI tarusan tersebut agar diketahui oleh pihak-pihak lain untuk dapat di manfaatkan oleh masyarakat lain terutama bagi masyarakar awam yang sulit mendapatkan informasi lembaga pemerintahan maupun swasta.




DAFTAR PUSTAKA

bukhari alma. 2009. Manajemen Pemasaran, dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
           






[1]Bukhari Alma. 2009. Manajemen Pemasaran, dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta               
[2] Ibid
[3] Ibid

2 komentar:

  1. Artikelnya Baguss....
    Pada dasarnya bauran pemasaran adalah dasar dari perusahaan dalam menentukan strategi lanjtan pemasaran dalam rangka memenangkan pasar. Dengan adanya konsep bauran pemasaran ini perusahaan memiliki arah yang jelas dalam pencapaian target pemasarannya.
    Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai aplikasi konsep bauran pemasaran
    Klik --> Makalah Aplikasi Bauran Pemasaran Pada Bank BNI

    BalasHapus